Minggu, 21 Maret 2010
Graphic Ponsel akan Setara PS3 dalam 3 Tahun Kedepan
Posted by The Spirit of Fire | Minggu, 21 Maret 2010 | Category:
Ponsel
|
Ketika berbicara dengan Imagination Technologies di event GDC (Game Developers Conference) 2010 yang saat ini berlangsung di San Francisco, pembuat chip GPU PowerVR yang memberi kekuatan grafis buat smartphone seperti iPhone 3GS, Omnia HD, Milestone, Wave dan banyak lagi, mengatakan kalau secara definitif, smartphone akan memiliki grafis sebanding dengan PlayStation 3 dalam waktu 3 tahun kedepan.
Mereka bisa memprediksi hal ini karena mereka telah merancang chip yang mengarah kesana mulai sekarang. Jalan yang dilalui Imagination agar proses pengembangan ini bisa berjalan untuk ponsel adalah dengan menghadirkan sebuah chip, yang mereka lisensikan melalui siklus produksi dari beberapa vendor ponsel, yang kemudian akan menggabungkannya ke dalam ponsel mereka yang akan dirilis ke pasaran.
Seluruh proses ini akan membutuhkan waktu tiga tahun, sehingga dalam waktu tiga tahun kita akan punya PS3 di saku. Dan itu tidak hanya berjalan pada resolusi 480x340 piksel, tetapi juga pada kebanyakan resolusi ponsel terbaru.
Saat ini, Imagination juga bekerja pada dukungan untuk produk chip nya yang telah diluncurkan, diantaranya adalah Flash acceleration untuk hardware dan dukungan OpenCL, yang memungkinkan komputasi GPGPU.
Imagination telah bekerja sama dengan Adobe selama sekitar tiga tahun dari sekarang, dan mereka sudah mendapat akselerasi hingga sekitar 300% dibandingkan dengan hanya menggunakan perangkat lunak.
Kedua, adanya dukungan OpenCL yang memungkinkan perangkat untuk memanfaatkan GPU (Graphic Processing Unit) untuk membantu komputasi secara menyeluruh.
Ketika ditanya tentang perbedaan dari chip buatannya yang diluncurkan sekarang, dua atau tiga tahun lagi, Imagination menjelaskan bahwa salah satu dari hal besar yang mereka kerjakan sekarang akan difokuskan pada multiprocessors.
Mereka bisa memprediksi hal ini karena mereka telah merancang chip yang mengarah kesana mulai sekarang. Jalan yang dilalui Imagination agar proses pengembangan ini bisa berjalan untuk ponsel adalah dengan menghadirkan sebuah chip, yang mereka lisensikan melalui siklus produksi dari beberapa vendor ponsel, yang kemudian akan menggabungkannya ke dalam ponsel mereka yang akan dirilis ke pasaran.
Seluruh proses ini akan membutuhkan waktu tiga tahun, sehingga dalam waktu tiga tahun kita akan punya PS3 di saku. Dan itu tidak hanya berjalan pada resolusi 480x340 piksel, tetapi juga pada kebanyakan resolusi ponsel terbaru.
Saat ini, Imagination juga bekerja pada dukungan untuk produk chip nya yang telah diluncurkan, diantaranya adalah Flash acceleration untuk hardware dan dukungan OpenCL, yang memungkinkan komputasi GPGPU.
Imagination telah bekerja sama dengan Adobe selama sekitar tiga tahun dari sekarang, dan mereka sudah mendapat akselerasi hingga sekitar 300% dibandingkan dengan hanya menggunakan perangkat lunak.
Kedua, adanya dukungan OpenCL yang memungkinkan perangkat untuk memanfaatkan GPU (Graphic Processing Unit) untuk membantu komputasi secara menyeluruh.
Ketika ditanya tentang perbedaan dari chip buatannya yang diluncurkan sekarang, dua atau tiga tahun lagi, Imagination menjelaskan bahwa salah satu dari hal besar yang mereka kerjakan sekarang akan difokuskan pada multiprocessors.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Currently have 0 komentar: